Sejumlah para peneliti dari Universitas Harvard Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Telah menemukan ruang penyimpanan data dengan menggunakan berlian dalam pengembangan komputer kuantum.

ketua tim peneliti, seorang professor fisika, Mikhail Lukin, dalam laman resmi kampus Harvard mengatakan, "Kami mempunyai kuantum bit, pada suhu kamar, sehingga efisiensi dan kerapatan tingkat tinggi dapat diukur,"

Mikhail Lukin menyebut peneliti dapat mengkodedikasi sekaligus menyimpan data pada waktu lama di dalam berlian.
"Kami percaya penelitian ini dibatasi persoalan teknis untuk meningkatkan rentang penyimpanan dalam kisaran jam," kata Lukin.

Para peneliti menggunakan sepasang berlian yang dikembangkan di laboratorium dengan kandungan 99 persen atom karbon-12 dan sisanya atom karbon-13.

Dalam berlian itu, mereka mampu menciptakan bit kuantum dan menyimpan informasi data selama hampir dua detik atau meningkat hampir enam kali lipat dibandingkan sistem komputasi sebelumnya yang berbentuk digital.

"Untuk pertama kalinya, kami mempunyai sistem dengan skala waktu memori yang wajar dan sederhana," kata Georg Kucsko, mahasiswa yang terlibat dalam penelitian Lukin.



3 komentar:

terimakasih sudah mengunjungi blog eotika :)
berikan sumbangan terkecil anda untuk blog sederhana ini berupa like pada FansPage blogEotika atau klik salah satu iklan yang ada di blog ini.. apalah arti sebuah klik.. terimakasih ;)

 
Top