Dell tampak cukup berani melakukan diferensiasi produk. Sementara produsen lain masih terbuai dengan Windows, Dell justru menyiapkan sebuah produk khusus untuk developer Ubuntu.

Laptop yang akan diluncurkan pun bukan kelas 
ecek-ecek melainkan ultrabook dengan layar 13 inch. Produk ini rencananya akan hadir dengan RAM 4 GB, media penyimpanan SSD, kartu grafis Intel, prosesor Core i5 atau i7, dan tentunya Ubuntu 12.04 sebagai sistem operasinya.

Karena diperuntukan khusus untuk developer maka produk ini sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi pendukung. Dell juga mengklaim telah melakukan optimalisasi terhadap sistem operasi tersebut, baik dari sisi driver, atau pun kemampuan hardware.

Peluncuran produk berbasis Linux merupakan salah satu program Dell mendukung open source, program ini mereka sebut Project Sputnik yang mulai dijalankan sejak Mei 2012 lalu.

"Sejak dimulai sekitar 2 bulan lalu proyek Sputnik mendapat banyak masukan dari para developer. Dengan mendengarkan developer, Dell menawarkan solusi produk yang akan membuat mereka lebih produktif," kata Barton George, Direktur Marketing Dell.

Sayangnya Dell tidak menyebutkan secara pasti kapan produk tersebut akan dirlis, mereka hanya memastikan bakal mulai dipasarkan tahun ini. Begitu juga soal harga yang masih menjadi misteri.


0 komentar:

Post a Comment

terimakasih sudah mengunjungi blog eotika :)
berikan sumbangan terkecil anda untuk blog sederhana ini berupa like pada FansPage blogEotika atau klik salah satu iklan yang ada di blog ini.. apalah arti sebuah klik.. terimakasih ;)

 
Top