passport

Paspor online jadi pilihan bagi warga negara dalam cara daftar dan membuat paspor secara online yang lebih cepat serta mudah. Tanpa birokrasi yang rumit dan tanpa calo. Dengan sedikit trik, bahkan bisa dilakukan tanpa antri. Bagaimana cara mengurus paspor secara online?

Meski dilakukan secara online bukan berarti segala proses yang ada dilakukan secara penuh di jagat maya. Anda tetap harus turun ke ‘darat’ atau datang ke kantor imigrasi untuk mengurus segala hal yang diperlukan. Sebelum mengurus paspor online, siapkan segala dokumen, berkas, atau kartu identitas baik itu asli atau copy yang dibutuhkan.

Lantas bagaimana cara daftar dan buat paspor online, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, kunjungi laman berikut ini. Lalu di laman tersebut sila isi data-data yang diminta.
  2. Jika sudah, sila buat janji untuk proses wawancara serta foto.
  3. Lalu, Anda akan menerima email konfirmasi. Cetak email tersebut untuk dibawa ke kantor imigrasi.
  4. Datanglah ke kantor imigrasi sesuai janji yang telah ditentukan. Makin pagi, Anda kemungkinan besar akan jadi yang pertama dilayani atau tidak menunggu antrean.
  5. Sedikit catatan, bagi mereka yang mendaftar via online tidak membutuhkan nomor antrean.
  6. Lalu, ambil form kuning (biasanya di koperasi).
  7. Tuju ke konter informasi untuk cek kelengkapan. Ada dua berkas kelengkapan; asli dan fotokopi. Berkas fotokopi wajib dalam format A4. Jika verifikasi berkas dan dokumen lolos, sila menunggu panggilan.
  8. Mereka yang mendaftar online akan mendapat ‘jatah’ terlebih dahulu atau diprioritaskan untuk dicek data di loket. Jika proses ini selesai maka akan mendapat nomor antrean.
  9. Setelah mendapat nomor antrean, sila membayar biaya administrasi di loket.
  10. Lalu tinggal lakukan sesi wawancara dan pengambilan foto.
  11. Jika semua langkah-langkah di kantor imigrasi di atas kelar sebelum jam 12:30 maka paspor bisa diambil pada hari itu juga. Jika lebih dari jam tersebut atau hingga jam 15:30 maka paspor bisa diambil pada keesokan harinya.


0 komentar:

Post a Comment

terimakasih sudah mengunjungi blog eotika :)
berikan sumbangan terkecil anda untuk blog sederhana ini berupa like pada FansPage blogEotika atau klik salah satu iklan yang ada di blog ini.. apalah arti sebuah klik.. terimakasih ;)

 
Top