Pemimpin Islami
Ilustrasi - Pemimpin Islami


Sekarang banyak pemimpin yang sangat bobrokan Akhlaknya. Mulai dari Korupsi, suap, pornografi dan lain-lain. Sehingga pemimpin yang adil, amanah, berakhlak adalah dambaan dari setiap orang.

Sebagai seorang Muslim, Islam mengajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin sempurna sebagaimana Nabi Muhammad SAW dulu memimpin di Madinah.

Kepemimpinan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam merupakan kepemimpinan yang ideal. Bukan hanya pribadinya yang ideal TAPI hukum yang diterapkan juga ideal yaitu HUKUM ISLAM yang pantas bagi manusia.

Setidaknya ada 8 ciri pemimpin yang digariskan dalam Islam:

1. Pemimpin itu hendaklah menunaikan janji-janjinya kepada orang bawahannya.

Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam , “Sesiapa yang diamanahkan oleh Allah untuk memimpin rakyat, lalu dia mati. Pada hari dia mati dalam keadaan dia menipu rakyatnya, maka Allah telah mengharamkan syurga untuknya”. (Hadis Riwayat Imam Bukhari dan Muslim)

2. Pemimpin itu harus memiliki sifat takwa.

"Sesungguhnya kalau mereka beriman dan bertakwa, (niscaya mereka akan mendapat pahala), dan sesungguhnya pahala dari sisi Allah adalah lebih baik, kalau mereka mengetahui." (AlBaqarah:103) 

3. Pemimpin itu mestilah beramanah, adil dan tidak melakukan kezaliman atau diskriminasi kepada mereka yang di bawah pimpinannya. (AnNisa:58)

4. Pemimpin itu hendaklah berakhlak, baik budi pekertinya dan menjadi teladan yang baik dalam semua tindak tanduknya.

5. Pemimpin itu hendaklah tegas dan berpegang teguh kepada prinsip dalam melaksanakan amanah.

Daripada Aisyah ra bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Sekiranya Fatimah binti Muhammad mencuri niscaya aku akan memotong tangannya”. (Hadis Riwayat Imam Bukhari)

6. Pemimpin itu mestilah bertanggungjawab dan tidak sombong kepada mereka yang di bawah pimpinannya. (At-Taubah:128) 

7. Pemimpin itu hendaklah orang yang mempunyai kekuatan dari semua sudut pandang fisik, spiritual, emosi dan mental.

Daripada Abu Hurairah ra bahawa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : “Orang-orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah mereka yang paling baik akhlaknya”. (Hadis Riwayat Imam Tirmidzi)

8. Pemimpin itu hendaklah orang yang berupaya untuk menjaga agama dan menegakkan syariat Allah di atas muka bumi.

"(yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat ma´ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan." (AlHaj:41)

Jadi, Pecinta Al Qur'an sekalian itulah ciri-ciri pemimpin yang digariskan dalam Islam, bukan mengatakan bahwa selain dari perkara ini tidak baik tetapi agama haruslah diutamakan. 

2 komentar:

terimakasih sudah mengunjungi blog eotika :)
berikan sumbangan terkecil anda untuk blog sederhana ini berupa like pada FansPage blogEotika atau klik salah satu iklan yang ada di blog ini.. apalah arti sebuah klik.. terimakasih ;)

 
Top