olahraga

Paru-paru sangat penting fungsinya bagi tubuh manusia, sehingga perlu dijaga kesehatannya dengan baik. Walau termasuk organ dalam, namun paru-paru berhubungan langsung dengan udara luar, termasuk berbagai bahan berbahaya yang terkandung di dalam udara.

Oleh karena itu, layak sekali bagi kita menjaganya sebisa mungkin, agar kondisinya tetap fit dan sehat. Bagaimana caranya? Berikut ini di antaranya:

Hindari asap rokok
Berbagai jenis partikel berbahaya dalam asap rokok sebaiknya dicegah untuk masuk ke paru-paru manusia. Itu berarti menghindari merokok adalah hal yang disarankan untuk kesehatan diri sendiri dan orang lain.

Makanan sehat
Makanan sehat dan bergizi yang dikonsumsi akan meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk seluruh organ dalam manusia. Dengan menjadi sehat maka penyakit juga tak mudah menyerang dan bertahan di dalamnya.

Bersih diri
Kebersihan adalah pangkal dari kesehatan. Bakteri serta kuman dan kotoran lain yang ada di diri dan lingkungan sekitar dapat terbuang dan tidak membahayakan kesehatan.

Olahraga
Berolahraga di udara bersih akan melatih fungsi paru menjadi kuat dan sehat. udara bersih yang masuk dalam paru-paru juga dapat membuang kotoran atau kuman yang bersarang di dalamnya.

Istirahat cukup
Istirahat juga akan membantu menyehatkan paru serta organ tubuh lainnya. Saat seseorang tidur maka kerja paru dapat lebih tenang dan ringan.

Pakai masker
Memakai masker di udara yang penuh polusi sangat disarankan. Terutama bagi Anda yang bermukim di kota besar dengan lalu lintas yang padat dan macet.

Nah, dengan berbagai langkah di atas, tak hanya paru-paru saja yang akan menjadi sehat, namun juga seluruh tubuh secara keseluruhan.

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih sudah mengunjungi blog eotika :)
berikan sumbangan terkecil anda untuk blog sederhana ini berupa like pada FansPage blogEotika atau klik salah satu iklan yang ada di blog ini.. apalah arti sebuah klik.. terimakasih ;)

 
Top