Menurut studi  yang dilakukan Chhandashri Bhattacharya, Ph.D  dari Indiana University Southeast di New Albany, menyebutkan, air kelapa bahkan lebih baik kandungan gizinya dibandingkan dengan minuman isotonik dari merek yang sudah ternama.

Seperti yang dilansir dari SidomiNews yang dikutip blogEotika, Bhattacharya bersama timnya mencoba membandingkan antara air kelapa dengan minuman energi Gatorade dan Powerade. Minuman tersebut selama ini dikenal dapat memberikan ganti unsur  garam yang hilang selama berolahraga melalui keringat. Efeknya, diharapkan tubuh kembali mendapatkan cairan ion yang berguna untuk mengembalikan stamina.

Hasilnya, Bhattacharya menemukan kebaikan yang lebih baik dari air kelapa untuk tujuan tersebut. Air alami ini punya banyak kandungan yang benar-benar diperlukan oleh olahragawan dibanding dengan minuman energi besutan pabrik minuman.

“Dia (air kelapa) memiliki lima kali lebih banyak kalium dibandingkan Gatorade atau Powerade,” kata Bhattacharya.

Kalium dan natrium dalam air kelapa dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga dua kali lipat. Total kalium per liter pada air kelapa jumlahnya mencapai 1.500 miligram. Sedangkan, kalium pada Gatorade dan Powerade hanya ada sekitar 300 miligram per liter. Kandungan natrium per liter air kelapa mencapai 400 miligram.

Kandungan potasium pada kelapa turut membantu otot terhindar dari cedera akibat kram. Sementara itu, Bhattacharya juga mengatakan, semua kandungan gizi air kelapa menurunkan risiko kematian hingga 50 persen yang diakibatkan oleh semua sebab apa pun.  Minum 12 ons air kelapa gizinya sebanding dengan satu buah pisang.

Namun, Bhattacharya mengingatkan, air kelapa kurang tepat untuk olahraga yang berat dan memerlukan pengeluran keringat yang cukup banyak. Kandungan sodium pada minuman ini kurang sebanding jumlahnya untuk memenuhi kebutuhan olahraga berat. Namun, air ini cukup untuk memenuhi kebutuhan natrium dan kalium yang hilang selama berolahraga.

sumber

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih sudah mengunjungi blog eotika :)
berikan sumbangan terkecil anda untuk blog sederhana ini berupa like pada FansPage blogEotika atau klik salah satu iklan yang ada di blog ini.. apalah arti sebuah klik.. terimakasih ;)

 
Top