Pada 17 Agustus 2012 tepat hari kemerdekaan Republik Indonesia, langkah maju ditunjukkan oleh para pegiat TI dan masyarakat perdesaan di Banyumas dengan meluncurkan sistem operasi komputer BlankOn Banyumas. 
Dengan dilucurkannya BlankOn Banyumas seharusnya menjadi tonggak kebangkitan TI di Banyumas.
BlankOn Banyumas menjadi pelopor  lokalisasi teknologi komputer dengan citarasa local melalui bahasa dan grafis pada desain interface komputer.
Komunitas BlankOn Banyumas di Desa Melung, Banyumas
Komunitas BlankOn Banyumas di Desa Melung, Banyumas

BlankOn Banyumas dikembangkan dalam platform OSS sehingga dikerjakan secara gotong-royong, mulai dari praktisi IT, mahasiswa, siswa, pemerintah desa, dan warga desa. BlankOn Banyumas mempertimbangkan ragam hardware di Indonesia sangat beragam, dari spesifikasi tinggi hingga rendah (biasa disebut: jangkrik). 


Sistem operasi komputer ini juga menggunakan dukungan antarmuka pengguna (user interface) bahasa Banyumas dan telah diterapkan di 23 desa anggota Gerakan Desa Membangun (GDM) di Kabupaten Banyumas.

gerakan desa membangun

Ada dua desa, Desa Melung (Kedungbanteng) dan Desa Dermaji (Lumbir), yang menyatakan diri sebagai meja bantuan (helpdesk) bagi desa lain yang akan menggunakan BlankOn Banyumas.


Situasi itu menyadarkan publik bahwa kemandirian teknologi bukan hal yang mustahil. Bila desa dengan sumber daya terbatas mampu menerapkan OSS,

seharusnya pemerintah supradesa (kecamatan, dinas, kabupaten) bisa lebih cepat menyerap inisiatif ini menjadi Banyumas Goes Open Source.


Pemanfaatan komputer di daerah Banyumas telah merambah dunia perdesaan. Semua kantor desa menggunakan komputer untuk dukungan kerja administrasi dan layanan publik. 


artikel ini saya kutip dari tulisan pak Yossy Suparyo, seorang Praktisi TIK Pedesaaan sekaligus Dewan Pakar BlankOn Banyumas yang dipublish di detikcom

4 komentar:

terimakasih sudah mengunjungi blog eotika :)
berikan sumbangan terkecil anda untuk blog sederhana ini berupa like pada FansPage blogEotika atau klik salah satu iklan yang ada di blog ini.. apalah arti sebuah klik.. terimakasih ;)

 
Top