idle worship


Pernahkah anda bermain game facebook yang bernama idle worship?
Sejak dirilis pada Maret lalu, game keluaran perusahaan perangkat lunak Idle Games ini langsung melejit di jajaran tangga game terfavorit di dunia maya.

Ide utama permainan ini adalah mensimulasikan para gamers untuk bermain sebagai tuhan. Dalam game ini, para pemain dapat digambarkan dapat menciptakan makhluk dari lumpur.
Makhluk tersebut disebut sebagai bangsa Mudling atau manusia lumpur. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menciptakan peradaban dan agama sebesar mungkin. Pemain dibebaskan memperlakukan makhluk mereka demi mendapat pemeluk agama sebanyak-banyaknya.

 idle worship

Adalah game baru 'Idle Worship' yang memicu keberatan dari sebagian kalangan dengan permainan 'menjadi tuhan' bagi yang memainkannya.

Seperti yang dilansir Republika, yang dikutip blogEotikaIkatan Da'i Indonesia (IKADI) prihatin dengan munculnya permainan 'menjadi tuhan' dalam game Idle Worship di situs jejaring sosial Facebook. Selain dilarang oleh agama, permainan, permainan itu juga berbahaya bagi pertumbuhan psikologis para pemainnya, terutama anak-anak dan remaja. 
"Mempermainkan sesuatu yang disakralkan adalah sebuah tindakan yang berbahaya. Bahkan hal itu dilarang dalam Islam," kata Ketua Pengurus Pusat IKADI, Ahmad Satori Ismail.

Ia menjelaskan, ajaran Islam melarang umatnya melakukan sesuatu yang dapat mengarah pada penistaan agama. Ia mencontohkan, haram hukumnya bagi seorang Muslim untuk menghina atau mempermainkan simbol-simbol dari agama lain. "Itu artinya kita tidak boleh menjadikan masalah ketuhanan, kenabian atau simbol-simbol agama sebagai barang mainan. Dalam Alquran disebutkan bahwa orang-orang yang mempermainkan persoalan agama adalah ciri-ciri orang munafik," tuturnya.

Ia menilai permainan tersebut dapat mempengaruhi psikologis para pemainnya. Terlebih, akan semakin berbahaya jika game itu dimainkan oleh anak-anak dan remaja yang masih mencari jati diri. "Jika anak-anak dibiasakan bermain sebagai tuhan yang bisa berbuat segala hal, maka itu akan membentuk karakter yang selalu ingin berbuat sekehendak hatinya," tandasnya.

yahudi inside

Dalam Idle Worship yang dapat dimainkan di Facebook, para pemain digambarkan sebagai tuhan yang menciptakan makhluk hidup yang disebut bangsa Mudling atau manusia lumpur. Agar terus dapat disembah oleh para Mudling, pemain dibebaskan untuk memperlakukan makhluk-makhluk sesuai kehendak hati. Pemain bisa memberikan siksaan, mengirim bencana alam, menjatuhkan kutukan dan sebagainya untuk menunjukkan eksistensinya.


Agar terus dapat disembah oleh para Mudling, pemain dibebaskan untuk memperlakukan makhluk-makhluk sesuai kehendak hati. Pemain bisa memberikan siksaan, mengirim bencana alam, menjatuhkan kutukan dan sebagainya untuk menunjukkan eksistensinya.

Pemain juga dapat berbuat baik pada makhluknya dengan mengirimkan utusan atau nabi dan memberikan berbagai macam anugerah. Pemain juga dapat memerintahkan makhluk-makhluknya untuk berperang melawan bangsa Mudling lain milik pemain lainnya yang terhubung lewat jaringan internet.
idle worship

Kolumnis di laman Forbes, Dave Their, menyebut Idle Worship merupakan game paling ambisius yang pernah merambah Facebook. Ia memprediksi game ini dapat menjadi salah satu game terfavorit di dunia maya.Game ini juga dinilainya dapat merubah haluan game-game sosial di masa mendatang.

"Idle Worship adalah 'god game', di mana setiap pemain mengontrol ketuhanannya, beberapa pulau, dan bangsa Mudling yang hidup dalam pulau tersebut," kata dia seperti dilansir Forbes.com


7 komentar:

  1. wah uda makin parah tuh sob, tanpa disadari bisa membuat orang menjadi Tuhan :(

    ReplyDelete
  2. benar banget sob,, antek-antek yahudi tuh,, liat aja dipermainannya ada mata satunya..
    Astaghfirullah..

    ReplyDelete
  3. say no to facebook games :D

    ReplyDelete
  4. ne game pasti dajal yg ciptain,parah...parah....

    ReplyDelete
  5. dajjal belum keluar bg (mau keluar) ..
    tapi tu yg buat antek-anteknya dajjal..

    ReplyDelete
  6. wah bener bener ni game, masak tuhan aja di tandigin.

    ReplyDelete

terimakasih sudah mengunjungi blog eotika :)
berikan sumbangan terkecil anda untuk blog sederhana ini berupa like pada FansPage blogEotika atau klik salah satu iklan yang ada di blog ini.. apalah arti sebuah klik.. terimakasih ;)

 
Top