Tahukah anda, bahwa setiap butir apel? Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika apel dan beberapa buah impor lain kulitnya dilapisi oleh wax atau lilin. Tujuannya adalah untuk menghambat proses pembusukan sebab oksigen yang langsung mengenai kulit buah akan membuat buah cepat busuk.

Tentu kita ketahui bahwa wax atau lilin dan pestisida yang menempel di kulit buah tersebut tidak sehat jika termakan oleh manusia. Sehingga harus dihilangkan terlebih dahulu sebelum di makan.

Mengupas buah, misalnya apel impor, agar terhindar dari lilin yang menempel di kulitnya adalah hal yang kurang bijaksana, sebab akan membuang sebagian besar kandungan antioksidan dan zat bermanfaat lain yang banyak terdapat di kulitnya.

Dalam penelitian ahli di Cornell University Amerika, kulit apel memiliki kandungan quercetin, yang hanya terdapat pada kulit buah apel saja. Zat quercetin ini membuat aktifitas antioksidan serta bioaktifitasnya tinggi. Sedangkan pada daging buah apel, tak ada zat tersebut.

Artinya, jika kulit apel dikupas untuk menghilangkan wax atau lilinnya, maka quercetinnya akan hilang terbuang. Padahal zat ini yang membantu mencegah berbagai jenis kanker timbul, misalnya kanker usus dan kanker paru.

Trik agar Anda dapat tetap aman mengkonsumsi apel dan buah impor lain tanpa perlu membuang kulitnya yang kaya manfaat adalah, dengan menghilangkan dahulu wax serta pestisida yang menempel.
Ada yang mengerik kulit buah apel sebelum mengkonsumsinya. Namun ini jelas memakan waktu lama dan tak praktis.

Cara lain adalah dengan mencuci buah dengan air hangat sebelum memakannya, agar wax dan pestisida yang menempel dapat larut dalam suhu hangat. Cuci hanya buah yang hendak dimakan saja, sebab jika semua dicuci dengan air hangat, maka dikhawatirkan buah tak lagi awet dalam udara kamar.

Cara lain adalah mencampur cuka dalam air hangat untuk mencuci buah. Ini sekaligus menghilangkan berbagai macam bakteri lain yang menempel.

Mudah bukan, dan Anda pun bisa terhindar dari efek wax atau lilin yang tak baik bagi kesehatan.

1 komentar:

  1. wah benar sekali, tanpa kita sadari, terdapat lapisan lilin yang melindungi buah..

    hmm, dengan cuka sepertinya lebih aman.. :)

    ReplyDelete

terimakasih sudah mengunjungi blog eotika :)
berikan sumbangan terkecil anda untuk blog sederhana ini berupa like pada FansPage blogEotika atau klik salah satu iklan yang ada di blog ini.. apalah arti sebuah klik.. terimakasih ;)

 
Top