Email Hacking

Bagaimana cara mengetahui password Anda telah ‘jebol’ atau teretas? Cek saja di situs Haveibeenpwned.com. Tinggal masukkan alamat email yang Anda gunakan di layanan terdaftar untuk cari tahu apakah kata sandi di layanan tersebut telah teretas.

Beberapa hari lalu muncul kabar mencengangkan jika sekitar dua juta kata sandi disejumlah layanan email dan jejaring sosial populer telah dibobol. Kasus ini masih menjadi tanda tanya bagaimana begitu cepatnya piranti lunak keylogger begitu mudah tersebar ke komputer-komputer di seluruh dunia dan merekam semua kata sandi yang ada.

Kasus tersebut tentu saja membuat netizen was-was, jangan-jangan akun mereka telak dikompromikan tanpa diketahui. Menilik informasi di situs Haveibeenpwned.com, ada lima kasus besar yang pernah menyandera situs-situs populer terkait kasus peretasan akun.

Yang paling terkini menyandera situs Adobe. Pada bulan Oktober lalu situs ini tercatat sekitar 153 juta akun telah dikompromikan dengan menjebol data pengguna terkait akun seperti kata sandi, nama pengguna, dan alamat email. Tahun 2010 situs Gawker juga alami nasib serupa namun tidak sebanyak jumlah ‘korban’ di Adobe. Akun yang berhasil diretas di situs tersebut hanya sekitar 1,3 juta saja.

Nah lewat situs Haveibeenpwned.com kita bisa melihat informasi apakah akun kita telah dikompromikan atau tidak. Caranya cukup mudah seperti berikut ini:

  1. Kunjungi situs Haveibeenpwned.com di alamat ini.
  2. Di landing page-nya isi dengan alamat email Anda dan klik pwned?
  3. Jika muncul keterangan seperti di bawah ini maka akun Anda atau email yang digunakan serta password untuk login di layanan yang didaftarkan menggunakan alamat email tersebut masih aman.
pwned


 Kunjungi laman Haveibeenpwned.com ditautan berikut.

0 komentar:

Post a Comment

terimakasih sudah mengunjungi blog eotika :)
berikan sumbangan terkecil anda untuk blog sederhana ini berupa like pada FansPage blogEotika atau klik salah satu iklan yang ada di blog ini.. apalah arti sebuah klik.. terimakasih ;)

 
Top